Langsung ke konten utama

Seminar Ps. Jan Frisso - Sesi I

*SEMINAR REV. JAN FRISO ( KINGDOM IMPACT ) LANJUTAN*
GBI DIASPORA, SELASA 21 NOV '17 . 09.00 - 15.00


SESSION I :

RASUL PAULUS ADALAH SEORANG PIONER DLM PEMBANGUNAN TUBUH KRISTUS MELAWAN AGAMA2 YG ADA PD WAKTU ITU DI LUAR BANGSA YAHUDI.

APA YG TERJADI ?

TUHAN YESUS SENDIRI YG MELINDUNGI PELAYANAN PAULUS KE MANA SAJA DIA BERADA MESKIPUN HARUS MENGHADAPI TANTANGAN YG TDK RINGAN ( DIRAMPOK, KAPAL TENGGELAM, DIPENJARA ). NAMUN SPT ITULAH MASA KRISIS ( PEPERANGAN DI DUNIA ROH ) YG SELALU MENYERTAI SIAPAPUN YG SEDANG DIUTUS / DIPAKAI OLEH TUHAN.

TERMASUK SAAT ALLAH MAU MEMBEBASKAN UMAT-NYA DARI DOSA ( KEDATANGAN BAYI YESUS ), SAAT ITU JUGA DIIRINGI OLEH KUASA2 JAHAT YG MERUSAK BANGSA YAHUDI SPT KORUPSI, MUNAFIK/HIPOKRIT DI ANTARA HAMBA2 TUHAN & POLITIK YG JAHAT SEDANG TERJADI DI PALESTINA PD SAAT ITU.

SEKARANG KITA HARUS :
1. MULAI START PERJALANAN.
2. TRACKING FINAL MATURITY PART 1 & 2


PENUAIAN ITU PASTI TERJADI TAPI MENUNGGU KEPENUHAN WAKTU.
*TUGAS KITA PARA HAMBA TUHAN SEKARANG HARUS MEMBANGUN IMAN JEMAAT AGAR BISA MENDENGAR INSTRUKSI TUHAN DENGAN BENAR* SEPERTI NUH & MUSA SERTA PARA RASUL.
GEREJA YESUS KRISTUS INI HARUS DIDIRIKAN ATAS DASAR PARA RASUL & PARA NABI.  BUKAN DIDIRIKAN ATAS PARA GEMBALA, GURU2 & PENGINJIL.

*APA ITU RASUL ?*
( MENGHANCURKAN DEFINISI2 YG SALAH TENTANG RASUL )

RASUL ITU BUKAN KARENA KITA MENANAM/MEMBANGUN BANYAK GEREJA. INI KONSEP YG SALAH.
BUKAN PULA KARENA KITA MENERIMA PEWAHYUAN / SENIOR PASTOR / MEMIMPIN TEAM PELAYANAN KELILING LUAR NEGERI /  POPULAR, SEHINGGGA DISEBUT RASUL. ITU PANDANGAN YG SALAH.

Efesus 4:5, 11-14 (BIMK) 5 Hanya ada satu Tuhan, satu iman, satu baptisan,
11 Ialah yang *memberi pemberian-pemberian kepada manusia*; sebagian diangkat-Nya menjadi *rasul*, yang lain menjadi *nabi*; yang lain lagi menjadi *penginjil*, dan yang lain pula diangkat-Nya menjadi *guru-guru* dan *gembala pemelihara jemaat*.
12 Ini dilakukan-Nya *supaya umat Allah dilengkapi sepenuhnya* agar dapat melayani Tuhan dan *membangun tubuh Kristus*.
13 Dengan demikian kita semua menjadi *satu oleh iman* yang sama dan pengertian yang sama mengenai Anak Allah. Dan kita *menjadi orang-orang yang dewasa yang makin lama makin bertambah sempurna seperti Kristus*.
14 Maka kita *tidak* menjadi anak-anak lagi yang *terombang-ambing* dan terbawa-bawa ke sana ke mari *oleh arus bermacam-macam pengajaran dari orang-orang yang licik*. Mereka *menyesatkan* orang dengan tipu muslihat mereka.

SAAT TUHAN YESUS DIANGKAT NAIK KE SURGA, DUDUK DI SEBELAH KANAN ALLAH BAPA, DIA KEMUDIAN MENGUTUS RASUL2-NYA TERMASUK PAULUS INI.
DI SITU TUHAN YESUS MELENGKAPI JUGA GEREJA2NYA DGN KELIMA JAWATAN ITU UTK MEMBANGUN KEPENUHAN KRISTUS BAGI JEMAAT-NYA.

TUJUAN PELAYANAN KERASULAN ADALAH UNTUK MEMPERLENGKAPI JEMAAT-NYA AGAR MEMILIKI PELAYANAN KELIMA JAWATAN ITU GUNA BISA MEMBANGUN TUBUH KRISTUS SUPAYA BERUBAH MENJADI KEPENUHAN KRISTUS / MANUSIA ROHANI / ORANG2 KUDUS-NYA.
MAKSUD ALLAH ADALAH *AGAR KRISTUS MENJADI NYATA MEMERINTAH UMAT-NYA DI BUMI*. BUKAN AGAR KITA DIBERKATI SECARA MATERI, POPULER, SESUAI KEINGINAN MANUSIA DGN CARA MEMAKSAKAN DIRI MENCONTOH SEJARAH ABRAHAM & PERJANJIAN LAMA.
KEMAKMURAN KITA HRS SESUAI VERSI SURGA. BUKAN SESUAI KEINGINAN KITA.
*FOKUS PARA RASUL ADALAH MEMBANGUN TUBUH KRISTUS HINGGA MENJADI KEPENUHAN KRISTUS*. TIDAK BERFOKUS KEPADA KEBUTUHAN DIRINYA SENDIRI ( SEPERTI NUH JUGA TIDAK PUNYA BAHAN MATERIAL SAAT MAU BIKIN BAHTERA. TAPI ALLAH YG MENCUKUPI & MENYEDIAKAN. JUGA MUSA TIDAK PUNYA BEKAL YG CUKUP UNTUK MELAKSANAKAN PERJALANAN MEREKA DI PADANG GURUN ).

UNTUK MENYONGSONG KEDATANGAN TUHAN YESUS YG KEDUA INI KITA HARUS MENJADI DEWASA DLM KRISTUS / MANUSIA ROHANI / KEPENUHAN KRISTUS. HAMBA2 TUHAN HARUS BERTANGGUNGJAWAB UNTUK MENDEWASAKAN JEMAAT HINGGA KUAT & DEWASA AGAR SAAT TUHAN YESUS DATANG BISA BERTEMU DENGAN MEMPELAI-NYA YG SIAP.
TUHAN YESUS TIDAK DATANG KEPADA GEREJA YG LEMAH. TAPI DATANG KEPADA JEMAAT YG PENUH DENGAN IMAN.

Lukas 18:8 (BIMK)  Percayalah: Ia akan segera membela perkara mereka! *Tetapi apabila Anak Manusia datang, apakah masih ditemukan orang yang percaya kepada-Nya di bumi ini?*"
Lukas 18:8 (TB)  Aku berkata kepadamu: Ia akan segera membenarkan mereka. *Akan tetapi, jika Anak Manusia itu datang, adakah Ia mendapati iman di bumi?*"

JADI JANGAN MEMBANGUN JEMAAT UNTUK TUJUAN MEMBANGUN POPULARITAS / CARI KEKAYAAN.

SAAT PAULUS PERGI KE ROMA, APAKAH DIA TERKENAL ? TIDAK. JUSTRU SEDANG DALAM PERGUMULAN SEBAGAI TAHANAN ROMAWI.

APA ITU KEMAKMURAN VERSI TUHAN ?
JAWABNYA : SAAT TUHAN YESUS MEMIMPIN PETRUS KELUAR DARI PENJARA DENGAN CARA YG AJAIB.

Kisah Para Rasul 12:6-11 (TB)  6 Pada malam sebelum Herodes hendak menghadapkannya kepada orang banyak, *Petrus tidur di antara dua orang prajurit, terbelenggu dengan dua rantai. Selain itu prajurit-prajurit pengawal sedang berkawal di muka pintu*.
7 Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat Tuhan dekat Petrus dan cahaya bersinar dalam ruang itu. *Malaikat itu menepuk Petrus* untuk membangunkannya, katanya: "Bangunlah segera!" Maka *gugurlah rantai itu* dari tangan Petrus.
8 Lalu kata malaikat itu kepadanya: *"Ikatlah pinggangmu dan kenakanlah sepatumu!"* Ia pun berbuat demikian. Lalu malaikat itu berkata kepadanya: *"Kenakanlah jubahmu dan ikutlah aku!"*
9 Lalu ia mengikuti malaikat itu ke luar dan ia tidak tahu, bahwa apa yang dilakukan malaikat itu sungguh-sungguh terjadi, sangkanya ia melihat suatu penglihatan.
10 Setelah mereka *melalui tempat kawal pertama dan tempat kawal kedua*, sampailah mereka ke pintu gerbang besi yang menuju ke kota. *Pintu itu terbuka dengan sendirinya* bagi mereka. Sesudah tiba di luar, mereka berjalan sampai ke ujung jalan, dan tiba-tiba malaikat itu meninggalkan dia.
11 Dan setelah sadar akan dirinya, Petrus berkata: *"Sekarang tahulah aku benar-benar bahwa Tuhan telah menyuruh malaikat-Nya dan menyelamatkan aku* dari tangan Herodes dan dari segala sesuatu yang diharapkan orang Yahudi."

*ITULAH KEMAKMURAN YG DIMAKSUD OLEH TUHAN YESUS*. SAAT PETRUS TERIMA KELEPASAN DARI BELENGGU RANTAI & PINTU BESI SERTA PARA PENGAWAL & PENJAGA PENJARA ITU.

TUHAN YESUS TIDAK TERKESAN DGN KEKAYAAN KITA, RUMAH MEWAH KITA, LIMOSIN KITA, KELEDAI KITA, KUDA KITA, PETERNAKAN KITA, DSB.

MANUSIA TERKESAN & MENGEJAR-NGEJAR POPULARITAS, KEKAYAAN, KEKUASAAN, DSB. TAPI TUHAN OMONG, KITA HARUS MENINGGALKAN KETERKESANAN KITA TERHADAP ITU SEMUA.
YG BENAR, KITA HRS FOKUS KPD GOAL KEPENUHAN KRISTUS / MANUSIA ROHANI.

TUHAN LEBIH TERTARIK KEPADA PELAYANAN APOSTOLIK DARIPADA MEMBANGUN BANGUNAN GEREJA.
KITA TIDAK BOLEH MEMBANGUN PELAYANAN SENDIRI, TAPI HARUS MEMBANGUN SESUAI DENGAN KEINGINAN TUHAN.  NAMUN BAGAIMANA KITA BISA MENGERTI KEINGINAN KRISTUS BILA KITA SENDIRI TIDAK BISA MENDENGAR INSTRUKSI-NYA ?
MAU TIDAK MAU KITA HARUS KEPENUHAN KRISTUS / MENJADI MANUSIA ROHANI YG SALEH TERLEBIH DAHULU AGAR BISA MENDENGAR INSTRUKSI YESUS.

1 Korintus 3:1 (TB)  Dan aku, saudara-saudara, pada *waktu itu tidak dapat berbicara dengan kamu seperti dengan manusia rohani*, tetapi hanya dengan manusia duniawi, yang *belum dewasa dalam Kristus*.

TIDAK ADA JALAN LAIN, SELAIN KITA PARA CALON RASUL HARUS JADI KEPENUHAN KRISTUS / MANUSIA ROHANI :

1 Korintus 2:14,16 (TB) 14 Tetapi *manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah*, karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan; dan *ia tidak dapat memahaminya*, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani.
16 Sebab: *"Siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan*, sehingga ia dapat menasihati Dia?" Tetapi *kami memiliki pikiran Kristus*.

SETELAH KITA JADI MANUSIA ROH, *BARU KITA BISA MEMBERI GAMBARAN YG KOMPLIT TENTANG YESUS KRISTUS* KEPADA JEMAAT & CALON PEMIMPIN JEMAAT YANG AKAN DATANG.

Efesus 1:22a-23 (TB)  22 Dan *segala sesuatu telah diletakkan-Nya di bawah kaki Kristus* .....
23 Jemaat yang adalah tubuh-Nya, yaitu *kepenuhan Dia*, yang memenuhi semua dan segala sesuatu.

Efesus 4:13 (TB)  sampai kita semua telah mencapai *kesatuan iman* dan *pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh*, dan tingkat *pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus*,

FILIPUS PUNYA EMPAT ANAK PEREMPUAN & MEREKA ADALAH NABIAH SEMUA, YG BISA *MEMBAGIKAN INSTRUKSI KRISTUS KEPADA JEMAAT*.
SEBAB KEEMPAT PUTRINYA FILIPUS INI MEMILIKI DIMENSI KERASULAN YG KUAT SEHINGGA BISA *MENGIMPARTASIKAN KEPENUHAN  KRISTUS KEPADA JEMAAT*.

Roma 1:11 (TB)  Sebab aku ingin melihat kamu untuk *memberikan karunia rohani kepadamu* guna menguatkan kamu,

SEORANG RASUL HARUS MENDEWASAKAN & MEMULIHKAN  IMAN JEMAAT DENGAN BENAR SEHINGGA MENGENAL PIKIRAN KRISTUS.

*RASUL ADALAH SESEORANG YG DIUTUS / DIURAPI OLEH BAPA UTK MENGGENAPI KEINGINAN BAPA*.

Yohanes 4:34 (TB)  Kata Yesus kepada mereka: *"Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaan-Nya*.

EMPAT KOMPONEN DARI PENGUTUSAN RASUL :

1. PERINTAH TUHAN  - PURPOSE - FOOD
2. MOVEMENT - MOMENTUM - TO DO HIS WILL
3. DIRECTION  - VISION - TO SENT
4. DESTINATION - FINISH - TO FINISH IT


PERINTAH / TUJUAN / COMAND OR PURPOSE :

PERINTAH ITU DATANG DARI OKNUM YG LEBIH TINGGI KEDUDUKANNYA DARI KITA.

*DALAM SUATU PENGUTUSAN PASTI ADA SUATU PETUNJUK YG JELAS DARI TUHAN* SEHINGGA BISA MENYINGKIRKAN BENTUK2 KERAGUAN KITA UTK BERTINDAK.

*ORANG YG DIUTUS PASTI MENERIMA OTORITAS DARI SANG PENGUTUS*.

Kejadian 13:14-15, 17 (TB) 14 *Setelah Lot berpisah dari pada Abram*, berfirmanlah TUHAN kepada Abram: *"Pandanglah sekelilingmu dan lihatlah* dari tempat engkau berdiri itu ke timur dan barat, utara dan selatan,
15 sebab *seluruh negeri yang kaulihat itu akan Kuberikan kepadamu dan kepada keturunanmu* untuk selama-lamanya. 
17 Bersiaplah, jalanilah negeri itu menurut panjang dan lebarnya, *sebab kepadamulah akan Kuberikan negeri itu*."

*TUHAN MEMBUKA MATANYA ABRAHAM YG TIDAK SAMA DGN CARA PANDANG MATA DUNIAWINYA LOT*.  ABRAHAM TIDAK MENCARI KEMAKMURAN, JUSTRU TUHAN YG BERI DIA KEKAYAAN.
TERMASUK DENGAN SALOMO, KARENA DIA TIDAK MINTA KEKAYAAN, JUSTRU TUHAN MALAH MEMBERI DIA KEKAYAAN.


DESTINATION OR FINISH.

*SANG PENGUTUS / TUHAN  MEMANGGIL KITA UNTUK BERJALAN TERUS SEMBARI MEMBERI KITA KEKUATAN & HIKMAT*. 
YESUS TIDAK TERGERAK DENGAN KERUMUNAN BANYAK ORANG. TAPI *YESUS SANGAT PERHATIAN KEPADA MURID2NYA YG SEDIKIT ITU TAPI MAU BERTUMBUH DEWASA MENJADI MANUSIA ROH*.

KITA HRS MEMBANGUN TEMPAT KUDUS-NYA YG MENJADI PERLINDUNGAN BUAT JEMAAT-NYA.



Dikirim dari ponsel cerdas Samsung Galaxy saya.

Komentar

Popular posts

Pembangunan Bait Suci ke-3

*Pembangunan Bait Suci ke-3. Antikristus dan Rapture di depan mata kita!*
Salah satu topik yang paling hangat dibicarakan berkaitan dengan Akhir Zaman ialah pembangunan Bait Suci ke-3 di Yerusalem.  Pembangunan Bait Suci ini merupakan salah satu nubuatan yang akan segera digenapi.  Namun, terdapat banyak kendala yang menghambat pembangunannya, sebut saja Lokasi persis bangunan Bait Suci ke-3, apakah tabut perjanjian sudah ditemukan, dan bagaimana perkakas-perkakas Bait itu.  Bagaimana sebenarnya  kisah dan kelanjutannya, berikut adalah penjelasannya.
Pada 7 Juni 1967, selang beberapa hari setelah Israel mengambilalih kekuasaan atas Yerusalem, Moshe Dayan selaku Menteri Pertahanan Israel kala itu datang untuk pertama kalinya berdoa di Tembok Barat dari Bukit Bait Suci, dan ia menyatakan: "Kami telah mengembalikan tempat Maha Kudus kami dan kami tidak akan pernah meninggalkannya kembali". Shlomo Gorn, Rabbi kepala dari tentara Israel kemudian meniup "shofar" sebagai sy…

10 changes Jesus will bring

By Tim McHyde
my FREE article on the exciting Millennium changes...Big Changes When Jesus Returns - Including Pets Gone Vegetarian Since my last email to you, my world has frankly been turned upside down. Our autistic firstborn Zachary, 23, had to be taken to the ER due to not breathing well after some vomiting and fever. Rather than it being a mere flu, he had pneumonia and sepsis. This has landed him in the ICU where he is on a breathing tube and IV antibiotics. He literally almost died and the doctors are still not happy with his labs a week later (very low thrombocytes). I would appreciate your prayers for him. You can read the details, updates and answers to FAQs on this post for him. Thank you.

In extreme trials like this, I find it essential to deal with all lies and other negative thoughts (fear, worry, guilt, etc.) by rebuking them with positive truth from Scripture and reminding yourself of God's past good to you. As well, I find it comforting to remember that …

What God promised to tell me to do as the Elijah for the End of Times.

What God promised to tell me to do as the Elijah for the End of Times.

*And now He fulfill His promise, because this is the end of Times.

Note: Believe it or not, this article was written very carefully under guidance of Holy Spirit, because I do not know the meaning and unprepared to become a prophet of God. But thanks God, He is full of mercy.

Beginning
God call me in Oct. 2009 as His prophet in order to prepare so many people in His body of churches and nations for the End of Times. Before that, God asked me three times: "Do you love Me? Then shepherd My lambs." And I replied, "Yes, God. You know that I love You." At the time, I remembered that classic conversation between Jesus and Peter in John chapter 21. I tried to see how the relation of Jesus's question to Peter and God's question to me, but it is mystery.
Initially, I was so enthusiastic with this unexpected job from God to become His prophet, and at the time, a part of me said that it is a very …