DILEMA KOTA LAMA: YERUSALEM TIMUR DALAM KONFLIK ISRAEL-PALESTINA

*DILEMA KOTA LAMA: YERUSALEM TIMUR DALAM KONFLIK ISRAEL-PALESTINA*
Tulisan Pertama dari Dua Tulisan*)

Oleh: *Dr. Bambang Noorsena*

*) Disajikan dalam Seminar Nasional "Hospitality on A Pilgrim's Way to Peace and Justice" dalam rangka 70 Tahun World Council of Churches (WCC) di Jakarta, 21 September 2018


*1. CATATAN PENGANTAR*

Salah satu faktor paling sulit dalam konflik Israel-Palestina yang tak kunjung selesai adalah klaim-klaim keagamaan soal Yerusalem. Ketika Presiden Donald Trump merealisasikan putusannya untuk memindahkan kedutaan AS dari Tel Aviv ke Yerusalem, langung menuai kecaman keras.

Harus dicatat bahwa Yerusalem adalah kota suci tiga agama besar, yaitu Yahudi, Kristen dan Islam. Bagi Yahudi kota ini sangat penting, karena di dalamnya ada Tembok Barat (Ibrani: הכותל המערבי "HaKotel HaMa'aravi"), yang lebih dikenal kaum non-Yahudi "Tembok Ratapan" (Arab: حائط المبكى "Haithun al-Mubakka"), satunya bagian yang tersisa dari Bait Suci (Ibrani: בית המקדש "Beyt HaMiqdas", Arab: بيت المقدس "Bait al-Maqdis").

Salanjutnya, bagi orang Muslim ada 2 masjid yang dikaitkan dengan mi'raj Muhammad, yaitu "Masjid Qubah al-Shakrah" (Dome of the Rock), yang dibangun oleh Khalifah 'Abd al-Malik bin Marwan (695 M), dan Masjid Al-Aqsha yang dibangun oleh putranya, Khalifah Walid bin 'Abd al-Malik (705 M). Istilah الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى "al-Masjid al-Aqsha" diambil dari Al-Qur'an: سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى "Subhāna alladzi bi'abdihi asrā laylan min al-Masjīd al-Harām ila al-Masjīd al-Aqshā". Artinya: "Maha suci Allah yang telah menjalankan hamba-Nya pada malam hari dari Masjid al-Haram ke Masjid al-Aqsha" (Q.s. Al-Isra'/17:1).

Sedangkan bagi orang Kristen, di kota suci ini berdiri Gereja Kebangkitan Kristus (Yunani: Ναὸς τῆς Ἀναστάσεως "Naos tes Anastaseos", Arab: كنيسة القيامة "Kanīsah al-Qiyāmah", Latin: "Ecclesia Sancti Sepulchri", Ibrani: כנסיית הקבר‎, "Knesiyat HaQever"). Gereja ini dibangun sejak tahun 326 M, atas perintah Ratu Helena di atas situs Golgota, tempat penyaliban Sang Kristus. Pada tahun 136 M Kaisar Hadrianus sengaja membangun kuil Venus di situs kubur kosong, supaya orang Kristiani tidak bisa menziarahinya lagi. Selama gereja ini dibangun pada masa Kaisar Konstantin Agung, di sana telah diketemukan kembali salib Kristus di situs Golgota, seperti yang secara rinci dilaporkan oleh sejarawan Socrates Scholasticus dalam bukunya "Historia Ecclesiastica" (380 M).


*2. KLAIM-KLAIM TEOLOGIS ATAS KOTA SUCI YERUSALEM*

Dalam konflik Israel-Palestina tentang kepemilikan Yerusalem Timur, sering kita dengar klaim-klaim teologis kedua pihak berdasarkan Alkitab maupun Al-Qur'an dan Hadits.

*2.1. KLAIM ISRAEL*
לשנה הבאה בירושלים
‎"LeShanah Haba'ah b'Yrusalayim" (Tahun depan di Yerusalem).

Selama berabad-abad kalimat ini diucapkan dengan penuh harapan pada setiap Paskah Yahudi, selama mereka menjadi kaum "diaspora" sejak mereka terusir dari Tanah Suci, menyusul dihancurkannya Bait Allah oleh Jenderal Titus dari Roma tahun 70 M. Sumber Yahudi kuno, Megilat Ta'anit (Gulungan Puasa) menyebutkan pentingnya tanggal 9 bulan Av (Ibrani: תשעה באב atau ט׳ באב, "Tisha be Ab") sebagai puasa perkabungan bagi kaum Yahudi karena runtuhnya Bait Suci. Selama 2.000 tahun setiap orang Yahudi di seluruh dunia rindu kembali ke Yerusalem, khususnya ke בית המקדש "Beyt HaMiqdas", sekalipun secara fisik yang tersisa hanya Tembok Ratapan.

Mungkin orang Kristen tidak mempunyai ikatan emosional yang sekuat orang Yahudi, sekalipun Golgota adalah situs sejarah yang penting bagi Kekristenan, tetapi tidak termasuk dalam kewajiban teologis untuk menziarahinya. Begitu juga bagi umat Islam, posisi al-Quds (Yerusalem) menempati urutan ketiga setelah kedua kota suci (Al-Haramain), yaitu Makkah dan Madinah. Juga, keterkaitan Islam dengan Yerusalem secara historis baru mulai dari zaman Umar, bukan sejak awal dari zaman Nabi, kecuali yang berkaitan dengan peristiwa metahistoris Isra' Mi'raj.

Catatan sejarah di luar Kitab Suci, menunjukkan bahwa Israel maupun Palestina telah eksis di Tanah Suci selama berabad-abad. Sebagai entitas kebangsaan "Israel" sudah disebut dalam prasasti Firaun Merenptah (1213-1203 SM) dalam aksara hieroglyp kuno: "Israel dibiarkan gersang dan benihnya tidak ada" (Ysr'ir p'lat ben perat-f). Selanjutnya, Israel sebagai negara telah disebut dalam prasasti Moab (850 SM), yang menyebut עמרי מלך ישראל "Omri, Melek Ysrael" Omri, raja Israel).

Sebagaimana Israel, dalam catatan sejarah kuno di luar Alkitab, kaum Filistin juga disebut oleh sejarawan kuno Herodotus (450 SM), meskipun tidak pernah eksis sebagai suatu negara. Istilah modern "Palestina" (Arab فلستيون, "Falistiniyun") adalah padanan untuk kata Ibrani: פְּלִשְׁתִּים, "Plištim"), pertama kali disebut dalam Taurat, Kej. 10:13-14 sebagai keturunan Kaslihim. Rujukan selanjutnya, Ul. 2:23 menyebut "yang berasal dari Kaftor". Juga, Filistin telah tinggal di lima kota (Pentapolis) kuno, yaitu Gaza, Askelon, Asdod, Ekron, dan Gat. Letaknya membentang dari selatan sampai ke utara, mulai lembah Gaza hingga sungai Yarkon.

Septuaginta (disingkat LXX), terjemahan Alkitab dalam bahasa Yunani dari abad III SM, menerjemahkan Filistin dalam beberapa kata. Dalam berbagai ayat Alkitab LXX, פְּלִשְׁתִּים, "Plištim", kadang-kadang hanya dialih-aksarakan menjadi Φυλιστιειμ "Pulistieim" (Kej. 21:34), ελλενας "Hellenas" (Yes. 9:11, "orang Yunani") , dan ἀλλόφυλοι, "allophuloi" (1 Sam. 31:1, "bangsa-bangsa lain" ). Dalam Alkitab bentuk jamak פְּלִשְׁתִּים, "Plištim", memang merujuk kepada lebih dari satu kaum, yaitu פְלִשְׁתִּיִּ֥ים מִכַּפְתּ֖וֹר "Plištiyim mekaftorim" (Am. 9:7, "orang Filistin dari Kaftor"), יֹֽשְׁבֵ֛י חֶ֥בֶל הַיָּ֖ם גּ֣וֹי כְּרֵתִ֑ים "yosabe ḥebel hayyam kretīm" (Zef. 2:5, "penduduk daerah tepi laut, orang Kreti"), yang tampaknya merujuk kepada penduduk Kreta yang berasal dari Aegea, wilayah Yunani.

Dalam Yer. 47:4-5 bahwa kaum Fististin sebagai פְּלִשְׁתִּים שְׁאֵרִית אִי כַפְתּוֹר "Plištim se'erit i'kaftor" (orang Filistin, yang datang dari Kaftor), menunjukkan bahwa di mata orang Yahudi mereka orang asing, sehingga dalam beberapa ayat LXX menyebut mereka sebagai ἀλλόφυλοι, "allophuloi" (bangsa-bangsa yang lain). Meskipun demikian, Alkitab menyebut juga כְּנַ֙עַן֙ אֶ֣רֶץ פְּלִשְׁתִּ֔ים "Kana'na arets Plištim" (Zef. 2:5, "Kanaan, tanah orang Filistin") Jadi, sekalipun secara Tanah Suci ini telah diberikan kepada bani Israel (Yos. 13:2-3: 15:45-47), namun kaum Filistin telah menduduki Tanah Suci sebelum Bani Israel mendudukinya pada zaman Yosua.

Selanjutnya, secara historis memang Israel pernah eksis sebagai negara sejak zaman Daud dan Salomo, namun wilayahnya dari zaman ke zaman berbeda-beda. Kerajaan Daud dan Salomo menguasai Israel raya, namun pasca-Salomo negara ini terpecah menjadi dua: Israel dan Yehuda, selanjutnya pembuangan ke Babel, lalu kerajaan Yehuda di bawah dinasti Makabe, menyusul penjajahan Romawi, sampai peristiwa "diaspora" sejak runtuhnya Bait Suci pads tahun 70 M. Semua wilayah yang berbeda dari zaman yang berbeda pula, semua ada rujukannya dalam Alkitab.

*2.2. Klaim Palestina-Islam*
Klaim Israel atas Tanah Suci yang didasarkan atas fakta historis bahwa Israel pernah eksis sebagai negara besar di bawah pemerintahan Daud dan Salomo, juga tidak lepas dari kritik. Mengapa? Karena Daud dan Salomo (Sulaiman), kedua raja Israel itu, juga diimani sebagai nabi-nabi bagi Islam. Sebaliknya, kalau hak kepemilikan Palestina atas tanah ini didasarkan klaim teologis Al-Qur'an, lebih parah lagi akan menjadi "senjata makan tuan". Sebab Kitab Suci Islam sendiri mengakui bahwa Palestina telah diberikan kepada kaum Musa, yaitu Bani Israel: يَا قَوْمِ ادْخُلُوا الأرْضَ الْمُقَدَّسَةَ الَّتِي كَتَبَ اللَّهُ لَكُمْ وَلا تَرْتَدُّوا عَلَى أَدْبَارِكُمْ فَتَنْقَلِبُوا خَاسِرِينَ Yā qaumi udzkhulu al-ardha Al-muqaddasat allatī kataba allahu lakum wa lā yataddu 'ala adbārikim fatanqalibu khasirīn. Artinya: "Hai kaumku, masuklah ke tanah suci yang telah ditentukan Allah bagimu, dan janganlah kamu mundur, maka kamu menjadi orang-orang yang merugi" (Q.s. Al-Ma'idah/5:21).

Selanjutnya, kalau klaim teologis Palestina didasarkan atas idenfifikasi dengan kaum Filistin kuno, kendalanya bangsa Palestina harus mau disamakan dengan "kaum gagah perkasa" yang harus diusir keluar dari Tanah Suci supaya umat Musa bisa memasukinya (Q.s. Al-Maidah/5:22, قَوْمًا جَبَّارِينَ وَإِنَّا لَنْ نَدْخُلَهَا حَتَ يَخْرُجُوا مِنْهَا "qaumān jabarīna wa innā nadkhuluhā ḥatta yakhruju minhā"). Jadi, sebutan Palestina modern tidak sama dengan bangsa Filistin kuno, yang diidentikkan dengan "kaum raksasa" musuh Daud, yaitu Goliat (Jalut) menurut kisah Alkitab maupun Al-Qur'an.

Faktanya, bangsa Palestina sekarang yang sebagian besar adalah emigran Arab yang sudah datang selama beberapa abad terakhir, sebelumnya menjadi warga dari salah satu propinsi kekhalifahan Turki Utsmani sebelum keruntuhannya tahun 1924. Nama "Palestina" justru dipopulerkan pertama kali pada tahun 136M oleh Kaisar Hadrianus, penguasa pagan Romawi, yaitu Syria-Palestina sebagai propinsi baru Romawi yang menggabungkan wilayah Syria dan Yudea. Berbareng dengan ditundukkan pemberontakan Yahudi Bar Kokhba, untuk menghapus identitas keyahudian agar tidak membangkitkan kembali nasionalisme Israel, nama Yerusalem juga diubah menjadi nama pagan "Alia-Capitolina" (Adrian Woff, 2010:108).

Menariknya, bukan nama Yerusalem yang dikenal dalam literatur Islam, tetapi justru إيليا "Iliyā", bentuk arabisasi dari Aleia. Nama ini diabadikan dalam dokumen Perjanjian Umar (Arab: العهدة العمرية, "Al-'Ahdat al-'Umariyya"), Perjanjian Iliya (Arab: ميثاق إيليا, "Mitstāq Iliyā"), seperti yang dicatat dalam Tarikh Ath-Thabari III, 609. Setelah diawali dengan bacaan "basmallah", perjanjian ini diawali dengan kalimat: هذا ما أعطى عبد الله عمر أمير المؤمنين أهل إيليا من. الأمان, "Hadzā mā a'thā 'abdullahi 'umar amīr al-mu'minīn ahla iliyā min al-amān" (Inilah jaminan keamanan yang diberikan `Abdullah, Umar, Amir al-Mu'minin kepada penduduk Aelia).

2018 ISCS © All Rights Reserved

======


Victor Christianto
Founder of The Second Coming Institute, www.sci4God.com


My books and papers can be found at:
-
 
==
We love you all nations, but time is very very limited. Be hurry to repent and receive Jesus Christ. Find a guide to help you repent and receive Jesus Christ, in this link http://www.esnips.com/web/Guidetorepent,
http://www.esnips.com/web/RepentanceGuide.
Print this guide, copy as many as you can, and distribute this to as many countries as you can, including Asian countries such as China, Burma, Thailand, Campuchea, Laos, Srilanka, and Vietnam. Pray and ask to God first before you select a language for your country. That is the message: be hurry be very very very very very hurry to repent and receive Jesus Christ, all corners of the world.
Don't you know that Jesus Christ will come again soon? That is why you should be hurry and quickly to repent and do your repentance. Tweet this message quickly and distribute this message to as many countries as you can including to all your friends quickly, quickly, quickly today. Follow Jesus only at http://www.twitter.com/Christianto2013.
Send this message quickly to all your colleagues and to all your friends. Thank you, Jesus Christ already help you. 

Christian books as published in Germany:
1. 

A.L.I.C.E. with Jesus

A LIfe-Changing Experience with Jesus. url: https://www.morebooks.de/store/gb/book/a-l-i-c-e-with-jesus/isbn/978-3-639-50080-6

2. 

Drink the New Wine

Experience God in your daily life. url: https://www.morebooks.de/store/gb/book/drink-the-new-wine/isbn/978-3-639-50082-0

3. 

Grace for You

44 Guides for Living inspired by Jesus Christ

https://www.morebooks.de/store/gb/book/grace-for-you/isbn/978-3-639-50070-7

4. 

Seeking a Theory for the End of the World

Introduction to Fractal Vibrating String. url: https://www.morebooks.de/store/gb/book/seeking-a-theory-for-the-end-of-the-world/isbn/978-3-659-58074-1


5. 

A Biblical Theory of Everything

Inspired by the Johannine Prologue. url: https://www.morebooks.de/store/gb/book/a-biblical-theory-of-everything/isbn/978-3-659-78041-7 


=======
Find ebooks written by Jesus at: http://guidetorepent.uphero.com
blog: http://guidetorepent.blogspot.com, http://findtheTruthnow.blogspot.com,
http://evangelismwithsocialmedia.blogspot.com
guide: http://GoodNews.getfreehosting.co.uk/digfile/cms/index.php (login with 'visitor')
video: http://youtube.com/guidetorepent,
facebook: http://www.facebook.com/VChristianto,
and follow Jesus only at www.twitter.com/Christianto2013

**KINDLE BOOKS:
authorpage: http://www.amazon.com/-/e/B00AZEDP4E
Articles dictated by Jesus Christ. Book Two. http://www.amazon.com/dp/B00AYR3F9C
Articles dictated by Jesus Christ. Book One. http://www.amazon.com/dp/B00AYR6TJU
by Jesus Christ: How social darwinism ruin America and the World. http://www.amazon.com/dp/B00AZDJJQI
by Jesus Christ: Evangelism for Difficult People. http://www.amazon.com/dp/B00AZDJCLA
by Jesus Christ: How you can do Evangelism with Social Media. http://www.amazon.com/dp/B00AZDXZLI
by Jesus Christ: The Nicene Creed. http://www.amazon.com/dp/B00AZDYMJ2
by Jesus Christ: Logos, Memra, and other letter for Economists. http://www.amazon.com/dp/B00AZDY7JW
by Jesus Christ: our Father in Heaven prayer. http://www.amazon.com/dp/B00AZKZUNM
Some problems of Nuclear Energy development in Asia: A literature survey. http://www.amazon.com/dp/B00B4LW5ZW

Some papers at www.vixra.org:
www.vixra.org/abs/0912.0036
www.vixra.org/abs/0912.0037
www.vixra.org/abs/1001.0005
www.vixra.org/abs/1001.0003
www.vixra.org/abs/0912.0053

Komentar

Postingan Populer