Bagaimana mengetahui kehendak Tuhan?

Bagaimana mengetahui kehendak Tuhan?

Shalom para sahabat,

Seorang teman di luar kota bertanya seperti berikut kepada saya:

"...boleh tanya dikit ya..Sesuatu yg kita yakini itu kehendak atau dari Tuhan pada kenyataannya kan sering jauh berbeda dari harapan kita ya. Banyak kendala dan kesulitan yg harus dihadapi. Di situ saya sering menyimpulkan...kayaknya ini bukan dari Tuhan. Jadi masih sering ragu apakah itu dari Tuhan atau bukan. Biasanya setelah 'done' sih baru mengerti. Banyak dapat masukan juga dari buku Cindy Jacobs yang kamu kasih tapi pada prakteknya kan susah juga ya. Mungkin saya belum peka aja ya. "

Dan berikut ini jawaban saya :

"Shalom..selamat siang.. Ya ini pertanyaan yg bagus.

Dari apa yg saya alami sejauh ini, mengetahui kehendak Tuhan itu bisa dari:

1. Firman Tuhan: bacalah  Alkitab secara rutin, dan usahakan melakukan dengan segenap hati.

2. Hati nurani: nurani dibuat Tuhan sebagai panduan.. Kalau kita akan melakukan sesuatu tapi tdk ada damai sejahtera maka itu bukan kehendak Tuhan.

3. Menyelaraskan langkah: kalau kita belajar terus hidup kudus di hadapan Tuhan, mengaku segala dosa kita dan minta pimpinan Roh Kudus, nanti pelan pelan hidup kita akan diarahkan terus selaras dengan Tuhan. Seperti menyetir mobil, awalnya memang perlu belajar namun lama lama sudah otomatis.

4. Berdoa mencari wajah Tuhan: jika memang ada keputusan penting yg harus dibuat, carilah wajah Tuhan terlebih dahulu
Latihlah telinga rohani kita agar dapat mendengar SuaraNya. "

Saya sering mengatakan hal ini jika melayankan firman:

"doa yang baik bukan ketika Tuhan mendengar permohonan kita, karena Tuhan pasti mendengar, namun doa yang baik adalah ketika kita mulai belajar mendengar Tuhan"

Renungkanlah ayat ini:

Yohanes 10:3
Untuk dia penjaga membuka pintu dan domba-domba mendengarkan suaranya dan ia memanggil domba-dombanya masing-masing menurut namanya dan menuntunnya ke luar.

Yohanes 10:27
Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku,

Semoga berguna juga buat para pembaca. Tuhan memberkati Anda sekalian.

Versi 1.0: 27 februari 2020, pk. 13:00
VC

Komentar

Postingan Populer