Review buku: The Prodigal Prophet - Timothy Keller



Pastor Timothy Keller adalah seorang pendeta dan penulis best seller dengan karya-karyanya. Salah satu karya yang menarik adalah The Prodigal Prophet, yang merupakan eksegese dan eksposisi yang sangat hidup tentang Kitab Yunus. Merupakan pemaparan terbaik tentang Nabi Yunus yang pernah saya baca.

Di antaranya, Tim Keller menulis bahwa meski Kitab Yunus sepertinya diakhiri dengan Pasal 2, yakni ketika Yunus bertobat di dalam perut ikan, lalu dimuntahkan ke daratan. Namun ternyata kisah ini tidak berhenti di situ.

Memang betul Yunus bertobat dan mulai menyadari betapa besar kasih karunia Tuhan kepada segala bangsa, namun ternyata ia mengidap suatu kebanggaan nasionalisme yang cenderung ekstrim, dan malah membanggakan kebanggaannya tersebut. Sehingga ketika Yunus menyerukan kepada kota Niniwe bahwa kota tersebut ditunggangbalikkan, sesungguhnya ia tidak berharap kota itu dengan segenap ternaknya akan bertobat!

Namun ternyata pesannya didengar oleh raja kota, dan kemudian seluruh penduduk Niniwe berbalik dan menyerukan pertobatan, sehingga Tuhan menyesal akan malapetaka yang dirancangkanNya. Dan justru itulah yang membuat Yunus marah. Kenapa ia marah? Karena ternyata ia belum menyadari akan besarnya kasih setia Tuhan, tidak saja kepada bangsa Israel.

Dan sekalipun Yunus marah, Tuhan tampaknya dengan sabar berusaha menunjukkan kepada Yunus, melalui pohon jarak yang tumbuh sehari, lalu esoknya layu. 

Kitab Yunus diakhiri dengan pertanyaan yang tajam dari Tuhan...dan tanpa jawaban dari Yunus.

Pastor Tim Keller mengakhiri eksposisi Kitab Yunus dengan tiga bab tambahan, berisi ulasan bagaimana Kitab Yunus masih berbicara dan relevan untuk pembaca hari ini.

Sangat direkomendasikan bagi para hamba Tuhan maupunb jemaat awam.


Tuhan Yesus mengasihi Anda.

versi 1.0: 26 September 2020

Komentar

Postingan Populer