ALLAH BEKERJA DALAM DIRI KITA SEMPURNA!


ALLAH BEKERJA DALAM DIRI KITA SEMPURNA!

Filipi 1:6 (TB)  Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus.  我深信那在你们心里动了善工的,必成全这工,直到耶稣 基督的日子。

Jadi ayat ini dapat dipahami bahwa Kristus yang telah membangun Kekristenan di dunia ini akan tetap memeliharanya selama dunia ini masih ada. Kristus akan tetap memiliki jemaat sampai rahasia Allah digenapi dan tubuh rohani itu disempurnakan. Jemaat itu didirikan di atas batu karang dan alam maut tidak akan menguasainya.

Pekerjaan kasih karunia tidak akan pernah disempurnakan sampai pada hari Kristus Yesus, yaitu pada hari kedatangan-Nya. Ketika Ia datang untuk menghakimi dunia ini, dan menyelesaikan tugas pengantaraan-Nya, maka pada saat itulah pekerjaan ini akan lengkap, dan batu utama itu akan diangkat dengan sorak sorai. Ungkapan yang sama terdapat dalam ay. 10.

Perenungan
Ada kalanya kita merasa tidak mengalami kemajuan sama sekali dalam perjalanan kita bersama Tuhan. Ada kalanya dosa muncul dalam kehidupan kita dan, akibatnya, kita merasa seperti kembali ke titik awal. Kita berharap bahwa hidup kita terus menanjak ke dalam kepenuhan  menjadi seorang Kristen, tetapi kenyataannya kadang kala turun shg  kurang menggembirakan.

Kabar baiknya adalah bahwa pekerjaan untuk mengubah diri kita menjadi serupa dengan Yesus Kristus adalah pekerjaan yang dilakukan oleh Allah. Dalam Roma 8:29, Rasul Paulus berkata bahwa "Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara." Kita mungkin menyerah pada diri kita sendiri, tetapi Tuhan tidak menyerah pada kita. Dia selalu bekerja untuk membuat kita semakin serupa dengan Yesus.

Sesungguhnya, Allahlah yang memulai proses untuk menjadi serupa dengan Yesus sejak awal. Dialah yang "telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya" (Kolose 1:13). Dan kita tidak dapat memegahkan diri tentang hal ini karena "karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu; itu bukan hasil pekerjaan orang lain, tetapi pemberian Allah." (Efesus 2:8). Allah memulai seluruh proses di dalam diri kita dan Dia tidak akan berhenti bekerja di dalam diri kita.

Allah akan menyelesaikan pekerjaan yang telah Dia mulai di dalam diri kita sampai pada hari Yesus Kristus. Keselamatan kita sudah pasti, tetapi kita masih harus berjuang setiap hari untuk menanggalkan dosa dan menjadi semakin serupa dengan Yesus.  Proses pengudusan ini terus berlanjut dalam hidup kita sampai kita mati dan di dalam gereja secara keseluruhan sampai hari kedatangan Yesus Kristus.

Jika dosa yang masih ada dalam hidup Anda membuat Anda terpuruk, maka terhiburlah hari ini dalam keyakinan Rasul Paulus. Allah tidak menyerah pada Anda. Dia sedang bekerja untuk membuat Anda semakin serupa dengan Yesus. Dan karena Dia adalah Allah, Dia akan menyelesaikan pekerjaan itu.*

===
*note: meneruskan renungan ini dari seorang sahabat. Selamat menyongsong Jumat Agung, 7 April 2023, dan Paskah, 9 April 2023

Komentar

Postingan Populer