Menyala-nyala oleh Kebangkitan (Mazmur 16)

Santapan Harian
Menyala-nyala oleh Kebangkitan 
Mazmur 16 

Ada kalanya mutiara yang sangat berharga ditemukan di tempat yang tak terduga.

Kebangkitan yang ajaib dijabarkan dalam kitab puisi Perjanjian Lama, mazmur ini. Daud mengungkapkan kepercayaannya bahwa orang benar tidak akan berakhir di dalam maut (10). Kelak ia akan dibangkitkan untuk menerima sukacita dan kenikmatan kekal (11). Ini karena Tuhan menjadi tempat perlindungan, kebahagiaan, serta warisan dan pialanya (1-2, 5).

Pada kemudian hari Petrus dan Paulus mengutip sebagian dari mazmur ini untuk membuktikan bahwa Yesus Kristus benar-benar bangkit dari antara orang mati (Kis 2:25-28; 13:35). Jadi, kebangkitan-Nya telah dinubuatkan di dalam mazmur Daud.

Seberapa penting doktrin kebangkitan ini? Kita mungkin akrab dengan lirik pujian: "Sebab Dia hidup, ada hari esok". Namun, apakah semangatnya terus bertahan di luar Paskah? Apakah fakta kebangkitan Yesus membuat kita menjalani hari-hari dengan sukacita?

Kita belajar satu teladan yang penting dari Daud. Ia tidak melihat fakta kebangkitan Kristus sebab memang ia hidup pada zaman yang berbeda. Ia sendiri pun belum mengalami kebangkitan dari kematian. Ia baru menerima janji-janji tentang kebangkitan, tetapi itu telah mengubahkan kepribadian dan cara hidupnya.

Betapa lebih lagi seharusnya kita bersukacita karena apa yang kita miliki sekarang bukan lagi janji, melainkan fakta akan kebangkitan Yesus Kristus. Fakta ini seharusnya menjungkirbalikkan setiap kehidupan yang suam-suam kuku. Dahulu dua belas murid mengalaminya; kini giliran kita.

Maukah Anda menyala-nyala oleh sukacita berita kebangkitan Kristus? Jika ya, jangan biarkan semangat itu hanya menyala pada masa Paskah.

Buatlah komitmen untuk mengingatkan diri sendiri bahwa Kristus telah bangkit. Sebab Dia bangkit dan hidup, kita pun akan hidup untuk selamanya. Jika kita akan hidup untuk selamanya, mengapa khawatir selama kita ada di dunia ini? Masalah dan kekhawatiran tidak lagi merampas sukacita. Apa pun yang telah dan akan terjadi, Kristus telah bangkit! [PHM]

Komentar

Postingan Populer