Semangat profetik

Semangat profetik

Shalom saudara-saudari yang terkasih dalam Yesus Kristus..

Akhir-akhir ini saya mendengar beberapa kalangan menyerukan agar gereja-gereja mengembalikan pelayanan 5 jawatan seperti dalam Surat Efesus.
Hal ini kadang disebut pola kepemimpinan majemuk.

Efesus 4:11-12 (TB)  "Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar,
untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus, "
Url: https://alkitab.app/v/fa87a821a6a3

Tentu hal ini berpotensi menimbulkan berbagai reaksi baik pro maupun kontra. Bahwa kita membutuhkan pelayanan pengajar, kerasulan dan kenabian itu saya kira memang cukup bisa dimengerti. Namun bila kelima jawatan itu hendak dilembagakan, maka akan muncul pertanyaan : siapa yang akan mengangkat rasul-rasul dan nabi-nabi tersebut? Dan sejauh mana kewenangan mereka dalam jemaat?

Gerakan Reformasi Apostolik
Kira-kira setahun yang lalu, atau mungkin lebih, penulis sempat menghadiri seminar yang dipandu oleh hamba Tuhan yang mengusung pola kepemimpinan lima jawatan tersebut. Hari-hari awal seminar masih lumayan mengena penyampaiannya, namun beranjak hari ke-4 dan ke-5 pembicara mulai rada aneh. Beliau membahas makna teologis jubah keimaman Harun dst.
Ditambah lagi ada sesi terakhir di mana diperlihatkan suatu penglihatan tentang bagaimana jemaat Tuhan berkumpul di bukit. Tidak begitu jelas itu di bukit apa dan siapa yang memperoleh penglihatan tersebut.
Selama beberapa hari seminar tersebut, ketika sampai di rumah jantung saya berdegup cukup kencang sampai sekitar jam 8 malam. Dan itu membuat saya bertanya-tanya.
Sepulang dari hari terakhir seminar tersebut, saya memutuskan mencari tahu tentang apa dan siapa gerakan Reformasi Apostolik itu.
Ternyata memang ada beberapa artikel yang menyebutkan bahwa salah satu ciri  khas gerakan Reformasi Apostolik, adalah kerap menyatakan penglihatan atau visiun yang tidak ada disebut dalam Alkitab (unbiblical) .
Saya juga pernah bersurel ke Noel Woodroof, salah satu tokoh gerakan tersebut .. Namun hanya menerima jawaban email yang baku/diformat. Jadi saya tidak melanjutkan lagi email tersebut.

Pelayanan kenabian
Pada hemat penulis, kalau kita mau jujur dan kembali pada Alkitab, pelayanan kenabian itu seringkali bukan soal jabatan gerejawi. Bahkan yang dipanggil pada jabatan kenabian itu sering hanyalah orang orang biasa, seperti Amos, Hosea, Habakuk, Yeremia dll.
Namun panggilan Tuhan itu kerap menempatkan mereka pada situasi yang sulit, karena mereka mesti menegur orang-orang yang berkuasa pada masa mereka.
Sebagai contoh:
a. Nabi Natan terpaksa menegur Daud dengan keras
b. Nabi Yeremia juga menegur raja Yehuda waktu itu, namun tidak digubris. Bahkan gulungan kitab yang ditulisnya menjadi umpan api. Sehingga mesti ditulis ulang oleh sekretarisnya, Barukh.
c. Nabi Yunus juga enggan ketika diutus untuk pergi ke Niniwe, mungkin dia tahu bahwa penduduk Niniwe sering berlaku kejam kepada orang Israel.
d. Dalam Matius 5, Khotbah Yesus di atas bukit ditutup dengan kalimat : "sebab demikian juga telah dianiaya nabi-nabi yang sebelum kamu."

Penutup
Meski bukan maksud artikel ini untuk mengkritik upaya-upaya untuk mengembalikan kelima jawatan seperti diamanatkan dalam Surat Efesus, namun tentunya mesti memperhatikan keberagaman aliran dan konteks gereja pada masa kini.
Dan juga segala sesuatu mesti dilakukan dengan tertib. Karena semua gerakan yang berasal dari Surga selalu membawa ketertiban, bukan kekacauan.
Dan bagi gereja-gereja yang kabarnya merintis sekolah kenabian, perlu diingat bahwa tugas seorang nabi yang sejati adalah menyampaikan pesan dari Allah yang Hidup, Penguasa Langit dan Bumi. Bahkan ada tertulis bahwa seorang nabi yang terlalu berani, menyampaikan pesan atau nubuat yang tidak berasal dari Tuhan, maka hukumannya akan berat sekali.

Ulangan 18:20
Tetapi seorang nabi, yang terlalu berani untuk mengucapkan demi nama-Ku perkataan yang tidak Kuperintahkan untuk dikatakan olehnya, atau yang berkata demi nama allah lain, nabi itu harus mati.

Sebagai penutup, pelayanan kenabian (profetik) sesungguhnya sama sekali tidak mudah, karena mesti menyampaikan kebenaran yang tidak selalu enak untuk didengar. Bahasa Inggrisnya: "learn to speak the truth to power. "

Semoga artikel ini dapat menguatkan kita semua. Tuhan memberkati Anda semua. Amin.

Versi 1.0: 22 November 2019, pk. 20:50
VC

Bacaan lanjutan:
(1) https://godwords.org/what-is-the-new-apostolic-reformation/



--
Victor Christianto
Founder of The Second Coming Institute, www.sci4God.com
Promoting Javanese "batik" as an Indonesia cultural heritage, www.mybatique.com
Promoting cultural and music events in Jakarta and other cities, www.acaraindo.com
Founder of www.DigiMBA.com, to deliver business education for digital generation
1 New book: From Hilbert to Dilbert at UNM site, url: http://fs.unm.edu/FromHilbertToDilbert.pdf
1 New book: New Foundations in the Sciences: http://vixra.org/abs/1907.0237
Our books and papers can be found at:
You can also check the Neutrosophic Journal: 

http://fs.unm.edu/NSS/Articles.htm  

==
We love you all nations, but time is very very limited. Be hurry to repent and receive Jesus Christ. Find a guide to help you repent and receive Jesus Christ, in this link http://www.esnips.com/web/Guidetorepent,
http://www.esnips.com/web/RepentanceGuide.
Print this guide, copy as many as you can, and distribute this to as many countries as you can, including Asian countries such as China, Burma, Thailand, Campuchea, Laos, Srilanka, and Vietnam. Pray and ask to God first before you select a language for your country. That is the message: be hurry be very very very very very hurry to repent and receive Jesus Christ, all corners of the world.
Don't you know that Jesus Christ will come again soon? That is why you should be hurry and quickly to repent and do your repentance. Tweet this message quickly and distribute this message to as many countries as you can including to all your friends quickly, quickly, quickly today. Follow Jesus only at http://www.twitter.com/Christianto2013.
Send this message quickly to all your colleagues and to all your friends. Thank you, Jesus Christ already help you. 

blog: http://guidetorepent.blogspot.com, http://findtheTruthnow.blogspot.com,
http://evangelismwithsocialmedia.blogspot.com
guide: http://GoodNews.getfreehosting.co.uk/digfile/cms/index.php (login with 'visitor')
video: http://youtube.com/guidetorepent,
facebook: http://www.facebook.com/VChristianto,
and follow Jesus only at www.twitter.com/Christianto2013

**KINDLE BOOKS:
authorpage: http://www.amazon.com/-/e/B00AZEDP4E
Articles dictated by Jesus Christ. Book Two. http://www.amazon.com/dp/B00AYR3F9C
Articles dictated by Jesus Christ. Book One. http://www.amazon.com/dp/B00AYR6TJU
by Jesus Christ: How social darwinism ruin America and the World. http://www.amazon.com/dp/B00AZDJJQI
by Jesus Christ: Evangelism for Difficult People. http://www.amazon.com/dp/B00AZDJCLA
by Jesus Christ: How you can do Evangelism with Social Media. http://www.amazon.com/dp/B00AZDXZLI
by Jesus Christ: The Nicene Creed. http://www.amazon.com/dp/B00AZDYMJ2
by Jesus Christ: Logos, Memra, and other letter for Economists. http://www.amazon.com/dp/B00AZDY7JW
by Jesus Christ: our Father in Heaven prayer. http://www.amazon.com/dp/B00AZKZUNM
Some problems of Nuclear Energy development in Asia: A literature survey. http://www.amazon.com/dp/B00B4LW5ZW

Some papers at http://vixra.org:
www.vixra.org/abs/0912.0036
www.vixra.org/abs/0912.0037
www.vixra.org/abs/1001.0005
www.vixra.org/abs/1001.0003
www.vixra.org/abs/0912.0053


Komentar

Postingan Populer