KERINDUAN YANG MENDALAM TERHADAP KEBENARAN

KERINDUAN YANG MENDALAM TERHADAP KEBENARAN!

Matius 5:6 (TB)  Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan.饥渴慕义的人有福了!因为他们必得饱足。

Kelaparan dan kehausan,  adalah ungkapan dari keinginan yang kuat. Tidak ada ungkapkan yang tepat berkaitan keinginan kuat yang harus kita rasakan untuk mendapatkan kebenaran selain "rasa lapar dan haus".Bagaikan suatu kejadian dimana ada seseorang terdampar suatu padang pasir luas, sehingga dia mengembara dan berjalan berbulan-bulan atau bertahun-tahun di atas pasir yang panas, dengan hampir tidak ada minuman atau makanan, tidak ada yang lebih menyedihkan.Maka ada kekuatan keinginan yang menggebu-gebu sebagai "rasa lapar dan haus", Mazmur 42:1-2. Rasa haus tertuang dalam keinginan akan berkat-berkat pengampunan ,damai sejahtera,rasa dosa yang mendalam, kekurangan, dan kemelaratan(Yesaya 55:1-2).

Namun mereka akan dikenyangkan, dipuaskan seperti orang yang lapar ketika diberi makanan, atau orang yang haus ketika diberi minuman. KEBENARAN ITULAH YANG AKAN MEMUASKAN.Jika mereka yang binasa karena tidak memiliki kebenaran.

Perenungan
Setiap orang pasti mau hidupnya bahagia dan kebahagiaan adalah tujuan utama, bahkan Hedonisme dengan caranya menyenangkankan keinginan daging, maka Hdoisme identik dengan gaya hidup penuh hura-hura, pesta pora dan segala yang dapat menyenangkan tubuh.Namun pada akhir jauh mencapai kebahagiaan.

Manusia pada umumnya  mencoba mengejar kebahagiaan dan lebih memfokuskan diri pada kenikmatan dunia, punya uang banyak, berkuasa, rumah dan mobil mewah, semuanya berfokus pada pemuasan diri sendiri.

Tuhan Yesus kotbah di bukit  memberikan formula  atau resep untuk berbahagia,salah satunya adalah kita akan berbahagia kalau kita haus dan lapar akan kebenaran.
Lapar dan haus adalah suatu keadaan kebutuhan manusia yang harus dipenuhi.
Kebahagiaan orang yang lapar dan haus adalah ketika mendapatkan makanan dan minuman, hasratnya terpuaskan.

Yesus memakai istilah haus dan lapar karena itu kebutuhan dasar manusia yang semua orang pernah merasakannya, namun yang dimaksud Yesus adalah orang yang haus dan lapar akan kebenaran.
Orang yang haus dan lapar akan kebenaran akan memiliki hasrat dan kerinduan untuk bersekutu dengan Tuhan melalui pembacaan, perenungan firman Tuhan, mendengarkan khotbah yang membangun imannya dan melalui doa yang kita naikkan.
Kita akan dipuaskan, kata Tuhan Yesus.

Blaise Pascal mengatakan bahwa dalam hati manusia terdapat ruang kosong yang tak dapat diisi oleh apapun bahkan oleh seisi dunia, hanya Tuhan Yesus yang dapat mengisinya dan kalau Tuhan Yesus mengisi hati kita, kita adalah orang-orang yang berbahagia.*

---

" Meneruskan dari seorang sahabat

Komentar

Postingan Populer