HATI HATI DENGAN AJARAN KOSONG !

HATI HATI DENGAN AJARAN KOSONG !

Kolose 2:8 (TB)  Hati-hatilah, supaya jangan ada yang menawan kamu dengan filsafatnya yang kosong dan palsu menurut ajaran turun-temurun dan roh-roh dunia, tetapi tidak menurut Kristus.
  你们要谨慎,恐怕有人用他的理学和虚空的诡诈,不照着 基督,乃照人间的遗传和世俗的基础就把你们掳去。

Filsafat yang merupakan hasil  dari penerapan kemampuan-kemampuan berpikir kita, dan yang sangat berguna bagi agama, seperti misalnya kajian mengenai karya-karya Allah, dan ini dapat memimpin kita untuk mengenal Allah dan meneguhkan iman kita kepada-Nya. Tetapi ada juga filsafat yang sia-sia dan memperdaya, yang berprasangka buruk terhadap agama, dan menegakkan hikmat manusia untuk bersaing melawan hikmat Allah. Filsafat seperti ini, walaupun menyenangkan angan-angan manusia, namun merusak iman . Misalnya seperti rekaan-rekaan yang memesona dan memancing rasa ingin tahu tentang perkara-perkara di atas, atau perkara-perkara yang tidak berguna dan tidak penting bagi kita. Atau ada juga filsafat yang penuh dengan kata-kata dan istilah-istilah yang hebat, yang tampaknya saja sebagai pengetahuan, padahal itu kosong belaka dan sering kali memperdaya.

Perenungan:
Kita hidup di dunia di mana banyak orang ditawan oleh "filosofi yang hampa dan menipu". Hal ini terutama terjadi pada para mahasiswa muda yang kuliah di universitas sekuler. Banyak dari mereka yang tumbuh dalam keluarga Kristen namun akhirnya meninggalkan iman orang tua mereka setelah masuk universitas.

Hal ini sangat tragis karena filosofi sekuler yang mereka tangkap, memang hampa dan menipu.  Mereka juga hampa, karena kepercayaan sekuler ini lahir dari "tradisi manusia" yang diilhami oleh "unsur kekuatan spiritual dunia ini dan bukannya dari Kristus."

Sebenarnya, masalahnya bukanlah filsafat itu sendiri, karena filsafat adalah bagian yang tak terhindarkan dari usaha akademis. Kita tidak dapat melakukan ilmu-ilmu khusus tanpa melakukan filsafat. Masalahnya adalah, seperti yang dijelaskan oleh Rasul Paulus, filsafat itu hampa dan menipu, filsafat dipraktikkan secara terpisah dari iman Kristen dan dipraktikkan dari sudut pandang sekuler. Filsafat yang dipandu oleh perspektif terbatas dari manusia biasa dan tradisi-tradisi manusia yang berada di bawah pengaruh jahat dari kekuatan-kekuatan rohani dunia ini.

Iman Kristen memiliki perspektif yang menyeluruh dan ajaran-ajaran spesifik yang memiliki implikasi untuk setiap bidang kehidupan. Kehidupan akademis tidak terkecuali dengan aturan ini. Oleh karena itu, menjadi kewajiban bagi orang-orang Kristen yang dipanggil ke dalam kehidupan akademis untuk mencari tahu implikasi-implikasi ini bagi filsafat dan ilmu pengetahuan dan untuk menantang filsafat-filsafat yang hampa dan menipu di zaman kita.

INJIL ADALAH KEKUATAN ALLAH JAUH MELAMPAUI FILSAFAT SEKULER. 
FILSAFAT TANPA INJIL ADALAH HAMPA DAN KOSONG

Komentar

Postingan Populer