KERJAKAN KESELAMATANMU DENGAN TAKUT AKAN TUHAN

KERJAKAN KESELAMATANMU DENGAN TAKUT AKAN TUHAN

Filipi 2:12 (TB)  Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar, bukan saja seperti waktu aku masih hadir, tetapi terlebih pula sekarang waktu aku tidak hadir,  这样看来,我亲爱的弟兄,你们既是常顺服的,不但我在你们那里,就是我如今不在你们那里,更是顺服的,就当恐惧战兢作成你们得救的工夫。

Kerjakan keselamatanmu. 
Keselamatan itu adalah keselamatan jiwa kita (1Ptr. 1:9) dan merupakan keselamatan kita yang abadi (Ibr. 5:9), dan mengandung pembebasan dari semua kejahatan yang telah ditimbulkan oleh dosa pada diri kita dan yang diperhadapkan oleh dosa kepada kita. Keselamatan ini juga mengandung semua yang baik dan apa pun yang dibutuhkan untuk mewujudkan seutuhnya kebahagiaan kita di masa akan datang. Perhatikan, menjadi kepedulian bagi kita melebihi segala hal apa pun untuk menjamin kesejahteraan jiwa kita. Apa pun yang terjadi, marilah kita memperhatikan kepentingan-kepentingan terbaik kita. Itu adalah keselamatan kita sendiri. Sudah cukup banyak yang harus kita lakukan untuk menjaga diri sendiri. Sekalipun kita harus membantu mewujudkan keselamatan orang banyak (Yud. 1:3).

Kita wajib "mengerjakan keselamatan", bermakna mengerjakan sesuatu dengan saksama, dan melakukannya dengan berjerih payah. Perhatikan, kita harus rajin dalam menggunakan segala sarana yang mengarah pada keselamatan kita. Kita tidak boleh hanya mengerjakan keselamatan kita secara asal-asalan, tetapi harus mengerjakannya dengan segala daya upaya, dengan mengerjakan apa saja yang perlu dilakukan, dan bertekun di dalamnya sampai akhir. Keselamatan merupakan hal besar yang harus kita pikirkan, dan kita harus mengarahkan hati kita kepadanya. Paulus menambahkan, dengan takut dan gentar, maksudnya, dengan luar biasa saksama dan hati-hati. "Gemetar, karena takut jangan sampai engkau bertindak keliru dan gagal memperolehnya. Rasa takut sangat baik untuk menjaga dan menghindarkan diri dari kejahatan.

Permenungan
Di satu sisi, ada tanggung jawab kita untuk melakukan apa yang kita yakini sebagai kehendak Tuhan. Di sisi lain, ada karya pemeliharaan Allah dalam hidup kita untuk mencapai kehendak-Nya melalui kita. Bagaimana kita menyelaraskan keduanya? Bagi para ahli logika, kedua sisi tersebut secara logika tampak saling meniadakan. Tetapi bagi Rasul Paulus  sebaliknya, ini adalah situasi baik/dan:Kita mengerjakan keselamatan kita sendiri, dan Allah juga bekerja melalui kita untuk mencapai kerelaan-Nya.

"Kerjakanlah keselamatanmu sendiri" tidak berarti bahwa orang Kristen harus mencari cara untuk menyelamatkan diri mereka sendiri namun mereka bertanggung jawab sendiri untuk mengerjakan implikasi dari keselamatan yang telah mereka terima dari Allah melalui iman kepada Yesus Kristus. Dengan kata lain, mereka harus melakukan pekerjaan yang sesuai dengan mereka yang telah diselamatkan oleh Allah .

"Dengan takut dan gentar" tidak menyiratkan bahwa jika jemaat tidak mengerjakan keselamatan mereka dengan benar, mereka dapat kehilangan keselamatan mereka.Namun berarti bahwa mereka harus mengerjakan keselamatan mereka dengan kerendahan hati yang penuh hormat dan rasa hormat kepada Allah yang mereka layani. Karena mereka sekarang bertanggung jawab atas diri mereka sendiri, mereka harus berhati-hati agar tidak menyinggung perasaan Allah melalui ketidaktaatan. Orang yang benar-benar hormat dan rendah hati sangat peduli dengan apa yang Tuhan pikirkan tentang mereka.

Meskipun jemaat di Filipi sekarang harus bekerja terpisah dari Paulus, mereka tidak bekerja terpisah dari Allah. Hal ini karena Allah bekerja melalui mereka untuk menggenapi kehendak-Nya. Jemaat dapat yakin bahwa Dia "yang telah memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan menyelesaikannya sampai pada hari Yesus Kristus" (Filipi 1:6).

Penutup
Pikiran orang yang berpikir logis akan bingung dengan ayat-ayat kita hari ini, tetapi orang yang beriman menerima dan bersukacita di dalam misteri yang mencakup pekerjaan kita yang bertanggung jawab dan penuh hormat dan pekerjaan pemeliharaan Allah melalui kita.*

===
* meneruskan dari seorang sahabat.

Komentar

Postingan Populer