TUHAN MEMBUKA JALAN DI PADANG GURUN!

TUHAN MEMBUKA JALAN DI PADANG GURUN!

Yesaya 43:18-19 (TB)  firman-Nya: "Janganlah ingat-ingat hal-hal yang dahulu, dan janganlah perhatikan hal-hal yang dari zaman purbakala! 
Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru, yang sekarang sudah tumbuh, belumkah kamu mengetahuinya? Ya, Aku hendak membuat jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara. 
耶和华如此说:你们不要记念从前的事,也不要思想古时的事。
看哪,我要作一件新事;如今要发现;你们岂不知道吗?我必在旷野开道路,在荒漠开江河。

Tidak ada alasan mereka bertanya sambil mengeluh, di manakah segala perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib yang diceritakan oleh nenek moyang kepada kami? Sebab mereka ingin perbuatan-perbuatan itu diulangi, bahkan, mereka akan melihat yang lebih lagi daripada itu (ay. 18): "Janganlah ingat-ingat hal-hal yang dahulu",  seperti yang dilakukan sebagian orang, lalu meremehkan hal-hal sekarang, seolah-olah zaman dulu lebih baik dari pada zaman sekarang. TIDAK! Sebab,  Tuhan hendak membuat sesuatu yang baru, yang sama sekali tidak lebih rendah dari hal-hal yang dahulu, baik dalam hal keajaibannya maupun nilai belas kasihannya." Orang tidak lagi mengatakan: Demi TUHAN yang hidup yang menuntun orang Israel keluar dari tanah Mesir! Lambat laun mereka akan melupakan.Meskipun rahmat-rahmat yang dahulu tidak boleh dilupakan, namun rahmat yang baru harus dimanfaatkan secara istimewa.

PERHATIKAN
 Ia berjanji tidak hanya akan membebaskan mereka dari Babel, tetapi juga akan menuntun mereka dengan selamat dan nyaman ke negeri mereka sendiri; Aku hendak membuat jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara. Memang terlihat jalan dari Babel ke Kanaan, dan dari Mesir, melewati padang belantara.  Namun kuasaNya yang sama akan membuat jalan melalui laut ,dapat membuat jalan di padang gurun, dan akan menerobos dengan kekuatan besar untuk membuka jalan menembus kesulitan-kesulitan besar. Dan Dia yang sudah membuat tanah kering di dalam lautan dapat memancarkan air juga di tanah yang paling kering, melimpahnya sampai tidak hanya untuk minum umat pilihan-Nya, tetapi juga binatang ternak sampai puas.

Dengan demikian dapat melihat kembali apa yang telah dilakukan Allah bagi Israel ketika Ia menuntun mereka melewati padang gurun dari Mesir ke Kanaan, dan memancarkan air dari gunung batu untuk mengikuti mereka. Apa yang dulu dilakukan Allah bagi mereka akan dilakukan-Nya lagi, sebab Dia masih sama. Dan, meskipun kita tidak mendapati mujizat itu diulangi ketika mereka kembali dari Babel, namun belas kasihan-Nya itu masih dilakukan-Nya lagi, yaitu dalam pemeliharan-Nya sehari-hari, yang untuk itu sudah sepantasnya mereka bersyukur kepada-Nya.

Perenungan
Kita mempunyai pengalaman masa lalu yang mana kita bisa melewati penderitaan, pencobaan,dan kesengsaraan  tetapi TUHAN telah menolong shg melewati semua itu menuju tempat kemenangan. Seperti bangsa Israel, kita harus menghadapi tembok lebih dari satu kali, tetapi TUHAN membukakan jalan yang tidak ada jalan dan menyingkirkan orang-orang yang menimbulkan masalah ;seperti tentara Firaun mati di lautan.
 TUHAN akan melakukan sesuatu yang baru dalam hidup kita yang akan membuat kemenangan-kemenangan yang terjadi. Wlaupun banyak musuhnya kuat, tetapi TUHAN akan bertindak untuk kita dengan cara yang tidak pernah kita pikirkan atau bayangkan sebelumnya.

Sesungguhnya, kemenangan yang mendekat sudah ada di depan mata. Tidak bisakah kita melihatnya? Apakah ada yang salah dengan pengkihatan kita? TUHAN telah mulai menciptakan kondisi baik yang kita perlukan ,seperti kita untuk melewati jalan buntu , melewati pembuangan permanen ke padang gurun yang kering dan tidak berair.
Maka kita harus berpegang pada iman , kita tidak perlu putus asa, dan TUHAN telah  menunjukkan kepada kita jalan keluar dari semua masalah.*

---
Note:
* meneruskan dari seorang sahabat

Komentar

Postingan Populer