Salib pengampunan

Salib ini dikenal sebagai Salib Pengampunan

Di gereja dalam kompleks Biara St. Anna dan Santo Yosef di Kordoba, Spanyol terdapat sebuah salib kuno yang sangat memukau. Patung salib itu adalah salib pengampunan dosa, dengan patung Yesus yang lengan kanannya lepas dari salib dan terulur ke bawah.

Orang-orang Spanyol menceritakan asal muasal patung salib tersebut:

Suatu ketika seorang pendosa datang untuk mengakukan dosanya kepada imam utama di bawah salib ini. Seperti biasa setiap kali seorang pendosa mengakukan dosa besar, imam ini berlaku sangat tegas: ia menjatuhkan denda dosa yang berat serta banyak denda lainnya.

Rasa bersalah sang pendosa pergi menghilang. Namun karakter lamanya tak lama kembali, sang pendosa kembali jatuh. Kali ini setelah pengakuan dosanya, sang Imam mengancam, "Ini kali terakhir aku mengampuninya."

Bulan demi bulan berlalu, sang pendosa datang berlutut di bawah kaki imam dalam naungan salib tadi, memohon pengampunan lagi. Namun kali ini sang Imam menjawabnya jelas, "Tolonglah, jangan mempermainkan Allah. Saya tak bisa membiarkan Anda menghinaNya." 

Namun keanehan terjadi, ketika sang Imam menolak si pendosa, ia tiba-tiba mendengar sebuah bisikan dari salib. Tangan kanan Yesus tiba-tiba ditarik lepas dari salib dan memberikan berkat pengampunan. Imam mendengar suara bisikan ini: "Akulah yang menumpahkan darah untuk orang ini, bukan engkau."

Sejak saat itu, lengan dan tangan kanan Yesus tetap berada dalam posisi tersebut, bagai tak hentinya mengundang manusia untuk memberikan pengampunan.


*Lord, have mercy..."*

Komentar

Postingan Populer