Langsung ke konten utama

Bait Suci

Shalom saudaraku, 
Malam ini izinkan saya menulis tentang rencana pembangunan Bait Suci Ketiga di Yerusalem. Tempatnya diperkirakan di tempat sekarang berdiri Dome of The Rock atau juga disebut Temple of the Mount.
Menurut catatan Kejadian, kota Yerusalem sudah ada sejak dahulu kala dan pernah memiliki raja sekaligus imam Allah yang Maha Tinggi, yaitu Melkisedek. Ada kemungkinan, Melkisedek saat bertemu dengan Abraham tidak saja memberkatinya, tapi juga menjadi mentor spiritual dan menasihatinya untuk taat dan menyembah JHWH (Tuhan) saja. Lihat ref. (3) Setelah bangsa Israel dipimpin oleh Yosua memasuki tanah Kanaan, mereka masih belum dapat menduduki Yerusalem. Demikianlah sampai zaman hakim-hakim. Baru ketika Daud diangkat oleh seluruh tua-tua Israel, maka ia mulai memerintah di Yerusalem. Itulah sebabnya kota ini disebut kota Daud. Sepanjang sejarah hingga kini, sudah dua kali Bait Suci dibangun. 
a. Bait Suci Pertama: dibangun oleh Salomo, hingga diruntuhkan oleh Nebukadnezar, dan kemudian seluruh penduduk kerajaan Israel Selatan dibuang ke Babel.
b. Bait Suci Kedua: dibangun oleh bangsa Israel pasca pembuangan dari Babel, dipimpin antara lain oleh imam Ezra. Periode sejarah Israel setelah itu disebut sebagai Periode Bait Suci Kedua (Second Temple Period), hingga Titus menghancurkan seluruh kota Yerusalem termasuk Bait Suci pada tahun 70m. Yang tersisa hanyalah Tembok Ratapan.

Bait Suci Ketiga
Menurut keyakinan banyak orang Israel maupun Kristen, Bait Suci Ketiga baru akan dibangun menjelang akhir zaman. Sementara itu, sebagian orang Kristen berpendapat  bahwa kedatangan Kristus yang kedua kali akan sangat dekat jika Bait Suci Ketiga sudah selesai. Tapi kapan pembangunan kembali akan dimulai? Ini pertanyaan besar sejak dahulu, terutama karena terdapat berbagai kendala nyata termasuk kendala politis.
Tapi dari hasil pencarian di google, tampaknya ada kemajuan yaitu cetak birunya sudah selesai. (1) Tampaknya tinggal menunggu lampu hijau dari pemerintah Israel. Namun demikian ada saja yang memprotes bahwa cetak biru itu dibuat oleh lembaga nonprofit yang didanai oleh Pemerintah Israel. (2)
Beberapa sumber mengatakan bahwa salah satu penyebab tidak dimulainya pembangunan Bait Suci Ketiga itu adalah belum munculnya anti-Kristus ke panggung dunia. Benarkah demikian? Saya sendiri kurang tahu, karena belum pernah bertemu dengan orang asli Israel untuk menanyakan hal ini.

Bagaimana pendapat Anda? Tuhan memberkati anda.

Jika ada komentar dan saran, silakan kirim ke email: victorchristianto@gmail.com

14 juni 2015, pk. 20:50
VC

Ref.
(1) http://www.templeinstitute.org/blueprints-for-the-holy-temple.htm
(2) The Jerusalem Post, 08/04/2013, http://www.jpost.com/Diplomacy-and-Politics/Report-State-funds-groups-that-advocate-building-Third-Temple-321990
(3) http://www.templemount.org/tempprep.html

Komentar

Popular posts

Pembangunan Bait Suci ke-3

*Pembangunan Bait Suci ke-3. Antikristus dan Rapture di depan mata kita!*
Salah satu topik yang paling hangat dibicarakan berkaitan dengan Akhir Zaman ialah pembangunan Bait Suci ke-3 di Yerusalem.  Pembangunan Bait Suci ini merupakan salah satu nubuatan yang akan segera digenapi.  Namun, terdapat banyak kendala yang menghambat pembangunannya, sebut saja Lokasi persis bangunan Bait Suci ke-3, apakah tabut perjanjian sudah ditemukan, dan bagaimana perkakas-perkakas Bait itu.  Bagaimana sebenarnya  kisah dan kelanjutannya, berikut adalah penjelasannya.
Pada 7 Juni 1967, selang beberapa hari setelah Israel mengambilalih kekuasaan atas Yerusalem, Moshe Dayan selaku Menteri Pertahanan Israel kala itu datang untuk pertama kalinya berdoa di Tembok Barat dari Bukit Bait Suci, dan ia menyatakan: "Kami telah mengembalikan tempat Maha Kudus kami dan kami tidak akan pernah meninggalkannya kembali". Shlomo Gorn, Rabbi kepala dari tentara Israel kemudian meniup "shofar" sebagai sy…

What God promised to tell me to do as the Elijah for the End of Times.

What God promised to tell me to do as the Elijah for the End of Times.

*And now He fulfill His promise, because this is the end of Times.

Note: Believe it or not, this article was written very carefully under guidance of Holy Spirit, because I do not know the meaning and unprepared to become a prophet of God. But thanks God, He is full of mercy.

Beginning
God call me in Oct. 2009 as His prophet in order to prepare so many people in His body of churches and nations for the End of Times. Before that, God asked me three times: "Do you love Me? Then shepherd My lambs." And I replied, "Yes, God. You know that I love You." At the time, I remembered that classic conversation between Jesus and Peter in John chapter 21. I tried to see how the relation of Jesus's question to Peter and God's question to me, but it is mystery.
Initially, I was so enthusiastic with this unexpected job from God to become His prophet, and at the time, a part of me said that it is a very …

Permufakatan setan (kesaksian Zippora Mushallah)

Shalom saudara-saudariku terkasih dalam Tuhan Yesus, Kali ini izinkan saya meneruskan sebuah kesaksian tentang permufakatan setan-setan untuk menggagalkan banyak orang Kristen. Tujuan mereka adalah supaya banyak orang Kristen tertipu dan tidak ikut pengangkatan ke surga. Kesaksian ini mengingatkan saya akan rencana busuk Iblis seperti tercatat dalam kitab Ayub.
*RUANG RAPAT RAHASIA PERTEMUAN SETAN - SETAN SEINTERNASIONAL DI DALAM NERAKA UNTUK MENGGAGALKAN GEREJA TUHAN UNTUK TERANGKAT / PENGANGKATAN PADA SAAT TUHAN YESUS DATANG*

#Kesaksian Zipporah Mushala dari Afrika.

Aku melihat suatu pertemuan setan-setan. Mereka semua mengenakan gaun hitam dengan kerudung. Beberapa dari mereka memiliki jari-jari kurus dengan cakar. Mereka ada berbagai-bagai jenis. Mereka berbicara dan salah satu dari mereka yang tampaknya dari peringkat tinggi berkata, " Metode apa yang tercepat dan paling efektif untuk menipu manusia, karena seperti yang kalian lihat, Yang Maha Kudus akan kembali.

.
Kita…