Jumat, 29 April 2016

Bait Suci

Shalom saudaraku, 
Malam ini izinkan saya menulis tentang rencana pembangunan Bait Suci Ketiga di Yerusalem. Tempatnya diperkirakan di tempat sekarang berdiri Dome of The Rock atau juga disebut Temple of the Mount.
Menurut catatan Kejadian, kota Yerusalem sudah ada sejak dahulu kala dan pernah memiliki raja sekaligus imam Allah yang Maha Tinggi, yaitu Melkisedek. Ada kemungkinan, Melkisedek saat bertemu dengan Abraham tidak saja memberkatinya, tapi juga menjadi mentor spiritual dan menasihatinya untuk taat dan menyembah JHWH (Tuhan) saja. Lihat ref. (3) Setelah bangsa Israel dipimpin oleh Yosua memasuki tanah Kanaan, mereka masih belum dapat menduduki Yerusalem. Demikianlah sampai zaman hakim-hakim. Baru ketika Daud diangkat oleh seluruh tua-tua Israel, maka ia mulai memerintah di Yerusalem. Itulah sebabnya kota ini disebut kota Daud. Sepanjang sejarah hingga kini, sudah dua kali Bait Suci dibangun. 
a. Bait Suci Pertama: dibangun oleh Salomo, hingga diruntuhkan oleh Nebukadnezar, dan kemudian seluruh penduduk kerajaan Israel Selatan dibuang ke Babel.
b. Bait Suci Kedua: dibangun oleh bangsa Israel pasca pembuangan dari Babel, dipimpin antara lain oleh imam Ezra. Periode sejarah Israel setelah itu disebut sebagai Periode Bait Suci Kedua (Second Temple Period), hingga Titus menghancurkan seluruh kota Yerusalem termasuk Bait Suci pada tahun 70m. Yang tersisa hanyalah Tembok Ratapan.

Bait Suci Ketiga
Menurut keyakinan banyak orang Israel maupun Kristen, Bait Suci Ketiga baru akan dibangun menjelang akhir zaman. Sementara itu, sebagian orang Kristen berpendapat  bahwa kedatangan Kristus yang kedua kali akan sangat dekat jika Bait Suci Ketiga sudah selesai. Tapi kapan pembangunan kembali akan dimulai? Ini pertanyaan besar sejak dahulu, terutama karena terdapat berbagai kendala nyata termasuk kendala politis.
Tapi dari hasil pencarian di google, tampaknya ada kemajuan yaitu cetak birunya sudah selesai. (1) Tampaknya tinggal menunggu lampu hijau dari pemerintah Israel. Namun demikian ada saja yang memprotes bahwa cetak biru itu dibuat oleh lembaga nonprofit yang didanai oleh Pemerintah Israel. (2)
Beberapa sumber mengatakan bahwa salah satu penyebab tidak dimulainya pembangunan Bait Suci Ketiga itu adalah belum munculnya anti-Kristus ke panggung dunia. Benarkah demikian? Saya sendiri kurang tahu, karena belum pernah bertemu dengan orang asli Israel untuk menanyakan hal ini.

Bagaimana pendapat Anda? Tuhan memberkati anda.

Jika ada komentar dan saran, silakan kirim ke email: victorchristianto@gmail.com

14 juni 2015, pk. 20:50
VC

Ref.
(1) http://www.templeinstitute.org/blueprints-for-the-holy-temple.htm
(2) The Jerusalem Post, 08/04/2013, http://www.jpost.com/Diplomacy-and-Politics/Report-State-funds-groups-that-advocate-building-Third-Temple-321990
(3) http://www.templemount.org/tempprep.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar